Sanitasi Jadi Program Prioritas di Musrenbangnas 2019

Selama 5 tahun ke depan, sanitasi akan kembali menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Pusat. Visi ini disampaikan melalui Musrenbang Nasional (Musrenbangnas) 2019, yang digelar sejak Kamis (9/5) kemarin hingga Selasa (14/5) hari ini.

'Pembangunan Air Minum dan Sanitasi yang Layak dan Aman' dan 'Pengawasan Kualitas Air Minum dan Sanitasi' menjadi bagian dari 58 Proyek Prioritas (Pro-P) yang diturunkan dari 5 poin Prioritas Nasional (PN). Persisnya, sanitasi berada di bawah naungan Program Prioritas (PP) 'Perluasan Infrastruktur Dasar'.

Prioritas Nasional yang terangkum dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 ini disusun berdasarkan visi Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pertumbuhan Berkualitas. Fokus pada perbaikan kualitas SDM ini dilandaskan pembelajaran dari sejumlah negara yang berhasil mengubah kondisi penduduk padat menjadi aset pembangunan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada saat menutup pembukaan Musrenbangnas 2019, menyatakan bahwa modal SDM-lah resep China berkembang menjadi negara maju. Dulunya, di China, jumlah penduduk yang banyak hanya dipandang sebagai beban APBN negara.

"Dengan sedikit mengubah cara pandang, dulu China menganggap bahwa penduduk besar itu beban, mereka mengubah sudut pandang bahwa itu SDM yang baik. Maka tahun ini spirit yang kita ingin tingkatkan adalah bagaimana SDM bisa ditingkatkan untuk memajukan bangsa," ujar Jusuf Kalla.

Langkah ini selaras dengan Visi Indonesia 2045 yang turut diluncurkan pada Musrenbangnas 2019, yakni Indonesia yang menjadi negara maju dengan PDB ke-5 terbesar di dunia.

Selama 6 hari Musrenbangnas 2019, masing-masing perwakilan Pemerintah Provinsi berkesempatan mengajukan maksimal 5 usulan untuk tiap-tiap dari 58 Proyek Prioritas Terpilih. Hasil dari Musrenbangnas 2019 akan dimutakhirkan menjadi Rancangan RKP 2020, yang akan dikuatkan melalui penetapan Permen Rancangan RKP 2020 pada 20 Mei 2019 dan Perpres tentang RKP 2020 pada minggu ke-2 Juni 2019.

***

Bahan-bahan paparan Musrenbangnas 2019 dapat diunduh di sini: https://musrenbangnas.bappenas.go.id