Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Momentum Sadarkan Semua Pihak Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) mulai dicanangkan pada tahun 2008 oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) dan selanjutnya ditetapkan PBB untuk diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Oktober. Pada tahun ini, tema HCTPS yang diangkat ialah "Masa Depan Kita Tangan Kita- Mari Beraksi Bersama untuk Membuat CTPS Nyata Bagi Semua," dengan Tageline "Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita".

Dalam sambutannya, pada acara temu media peringatan HCTPS, Kementerian Kesehatan, Vensya Sitohang mengatakan bahwa perilaku CTPS penting karena bisa menjadi garda terdepan dalam mencegah terjadinya penularan penyakit, terutama penyakit infeksius layaknya Covid-19.

"Maka dari itu, setiap keluarga tentunya sangat penting untuk memiliki akses CTPS. Berdasarkan data Kemenkes, saat ini sebanyak 64 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses CTPS," katanya.

Menurut Vensya, momen HCTPS kali ini diharapkan bisa menkadi pemicu bagi semua pihak untuk mewujudkan perilaku hidup bersih sehat melalui sarana cuci tangan.

"Hari CTPS ini adalah peluang untuk merancang, menguji, dan mereplikasi cara kreatif untuk mendorong setiap orang mencuci tangan dengan sabun. Pasalnya, ini merupakan langkah paling mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, cuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran kuman dan menjaga tubuh tetap sehat. Menjaga kebersihan tangan dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, seperti pilek, dan flu. Bahkan, mencuci tangan dengan sabun secara dramatis bisa mengurangi jumlah anak kecil yang sakit.

Pendidikan CTPS bisa mengurangi jumlah orang yang sakit diare sekitar 23-40 persen, mengurangi kehadiran penyakit gastrointestinal sebesar 29-57 persen, dan mengurangi penyakit pernapasan, seperti pilek sekitar 16-21 persen.

Menurut WHO, mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik. Ikuti 7 langkah mencuci tangan yang mencuci tangan yang benar untuk mencegah infeksi virus, kuman, dan bakteri yaitu:

  1. Basahi tangan dan tuangkan sabun di telapak tangan
  2. Tangkup kedua tangan dan gosokan sabun yang telah dituangkan
  3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi
  4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait
  5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari
  6. Gosokkan ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kana dan sebaliknya
  7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya
  8. Bilas hingga bersih dan keringkan