Laporan Bulanan Waspola Facility, Januari 2014

Pelaksanaan program kerja Waspola Facility selama bulan Januari 2014 terangkum dalam laporan ini. Telah cukup banyak kemajuan yang dicapai melalui komponen kerjanya yang terdiri dari pengembangan kebijakan, implementasi kebijakan , manajemen sektor serta  manajemen proyek.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh komponen pengembangan kebijakan yaitu pengembangan Rencana pengamanan air minum (RPAM) dengan melaksanakan focus group discussion (FGD) di RW 08 Ciumbuleuit Bandung yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait penyusunan perencanaan terpadu kawasan RW 08 dan riset kondisi lingkungan RW 08 yang dilaksanakan untuk mengetahui gambaran kondisi sosial ekonomi masyarakat RW 08 kawasan Sungai Cikapundung.  Selain FGD dan riset terkait dengan RPAM, dilaksanakan juga diskusi kebijakan subsidi dalam STBM.

Pada  komponen implementasi kebijakan, kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembahasan implementasi kebijakan STBM tahun 2014 yang dilaksanakan di Direktorat Penyehatan Lingkungan Kemenkes. Adapun agenda pertemuan tersebut adalah evaluasi pencapaian 2013 dan membahas strategi implementasi 2014.

Adapun kegiatan komponen manajemen sektor meliputi Nawasis yang bertugas untuk  penyusunan rencana kerja Nawasis yang dilakukan dalam upaya mewujudkan cita-cita besarnya menjadi pusat informasi pembangunan AMPL dan rencana pengembangan konsep Nawasis  disertai dengan strategi implementasi 2014-2019. Kegiatan lain di komponen ini yaitu dukungan jejaring AMPL dengan melaksanakan diskusi bersama Forum Air Jakarta,  dan pengelolaan situs Waspola Facility yang terus diperbaharui dengan berita-berita terbaru terkait Waspola Facility dan AMPL.

Komponen manajemen proyek mempersiapkan laporan semester 2 tahun 2013, mempersiapkan laporan tahunan 2013 dan kepegawaian.