Petunjuk Teknis Hibah Insentif Desa (HID) Program Pamsimas

Program Pamsimas merupakan salah satu program bersama antara pemerintah pusat dan daerah dan masyarakat dengan dukungan Bank Dunia yang bertujuan untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan. 

Untuk mencapai tujuan dimaksud Program Pamsimas mempunyai 5 komponen kegiatan, yang salah satunya adalah komponen Hibah Insentif Kabupaten/Kota (HIK) dan Hibah Insentif Desa/Kelurahan (HID). Tujuan pemberian HID adalah untuk memberikan insentif atau penghargaan kepada sejumlah desa sasaran Pamsimas dan juga meningkatkan, memperluas cakupan layanan air minum dan sanitasi desa. Dalam konteks keberlanjutan, HID mendorong desa-desa untuk selalu meningkatkan kinerja layanan air minum dan sanitasinya.

Sebagai suatu penghargaan maka HID diberikan pada desa-desa yang telah melaksanakan program dengan baik dan melampaui standar kinerja pencapaian target air minum, sanitasi (SBS) dan kesehatan/PHBS, baik desa reguler maupun replikasi. Program Pamsimas menetapkan target desa penerima HID adalah sebanyak 500-1000 desa.