Petunjuk Teknis Pengamanan Lingkungan dan Sosial Program Pamsimas PT-2.7, edisi 2014

Air sebagai kebutuhan utama kehidupan, seharusnya dapat memenuhi standar, baik dari segi kuantitas, kualitas yang memadai, harganya terjangkau dan penyediaannya yang kontinu. Pada kenyataannya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan air bersih yang layak terutama masyarakat berpenghasilan rendah di perdesaan dan pinggiran kota. Untuk itulah maka program Pamsimas yang merupakan program andalan pemerintah didalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan dan pinggiran kota melalui pendekatan berbasis masyarakat di dirikan guna membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap air minum dan sanitasi layak.

Dalam hal pengamanan lingkungan program Pamsimas melakukannya pada sumber air baku, kualitas air dan penanganan limbah. Sedangkan untuk pengaman sosial melliputi pengadaan tanah, pengamanan bagi kelompok masyarakat adat dan masyarakat komunitas adat terpencil serta pengamanan bagi kelompok masyarakat rentan.

Adapun tujuan dari pengamanan ini adalah menjaga kesehatan manusia, mencegah atau memberikan kompensasi kerugian atas kehilangan aset dan/atau mata pencaharian, mencegah kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh pembangunan secara ibdividu maupun bersama-sama, mendorong tercapainya dampak positif bagi lingkungan hidup, menghindari atau meminimalkan dampak negatif sosial, ekonomi dan lingkungan hidup yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa semua elemen masyarakat penerima manfaat program atau yang terkena dampak mendapat informasi, perlakuan dan kesempatan yang sama dalam siklus program.