Saatnya Dunia Berubah: Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung

Berjangkitnya penyakit flu burung dan timbulnya korban yang terjadi di tengah-tengah rakyat kita sejak tahun 2005, merupakan masalah serius dalam dunia kesehatan di tanah air. Masalah ini berkembang semakin serius karena ilmu, pengetahuan dan teknologi (iptek) kesehatan di Indonesia, maupun di Negara-negara lain, belum mampu mencegah peredaran dan mematikan virus flu burung dengan tuntas.
 
Menghadapi penyakit menular yang mematikan ini, Pemerintah secara khusus telah merumuskan dan melaksanakan berbagai program penanggulangan flu burung, serta menempatkan upaya-upayanya pada skala prioritas yang tinggi. Berbagai hambatan yang muncul, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, sebagian besar memang telah dapat kita atasi. Angka penderita dan daerah yang terjangkit flu burung telah menurun. Namun disadari bahwa masih diperlukan pemikiran dan tenaga yang besar untuk menuntaskan penanggulangan flu burung di tanah air.
 
Buku “Saatnya Dunia Berubah: Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung” buah karya DR. Dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP (K) ini menjelaskan secara lengkap mekanisme penanganan virus flu burung yang berlaku internasional. Selain itu, buku ini juga mengungkap suatu ketidakadilan tatanan dunia di bidang kesehatan yang telah berlangsung lama. Dengan tekad dan keteguhannya untuk mengatasi flu burung, Dr. Siti Fadilah Supari telah berhasil mereformasi mekanisme virus sharing flu burung di bawah sistem World Health Organization (WHO), menjadi lebih transparan, adil dan lebih mewujudkan kesetaraan antar negara maju dan negara berkembang.
 
Buku ini dapat menjadi rujukan bagi para peneliti, akademisi, praktisi, para pengambil kebijakan dan seluruh komponen bangsa dalam meneliti dan mengembangkan bidang kesehatan, khususnya iptek di bidang kesehatan.

Daftar Isi:

Kata Sambutan Presiden Republik Indonesia
Pengantar Penulis
Luka di Hati Menyulut Nurani
Dari Jakarta ke Jenewa
Inter-Governmental Meeting: Saatnya Bersuara
Perjuangan Belum Selesai
Berpikir Merdeka Merubah Paradigma

Lampiran:
Lampiran 1: Pidato Menteri Kesehatan RI pada Pembukaan High Level Meeting
Lampiran 2: Deklarasi Jakarta
Lampiran 3: Resolusi WHA60.28
Lampiran 4: The Inter-Governmental Meeting for Pandemic Influenza Preparedness
Lampiran 5: Ministerial Conference on Avian and Pandemic Influenza

Kepustakaan

Foto-foto: Dokumentasi Departemen Kesehatan RI