Modul 2
Analisis Regulasi dan Kelembagaan

Modul belajar ini merupakan satu kesatuan pendekatan yang perlu dilakukan daerah untuk melaksanakan kegiatan pemetaan dan analisis multi aspek dalam penyusunan, pemutakhiran serta implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota atau SSK. (Mohon pelajari  Kursus Pembangunan Sanitasi Permukiman khususnya Modul Panduan Fasilitasi Pembangunan Sanitasi Permukiman terlebih dahulu sebelum mempelajari modul ini lebih lanjut) terlebih dahulu sebelum mempelajari modul ini lebih lanjut).

Modul ini akan membantu pengguna untuk memahami lebih lanjut upaya yang perlu dilakukan daerah guna mengidentifikasi terhadap regulasi sanitasi yang sudah ada, melakukan pemetaan terhadap kelembagaan pemerintah maupun non pemerintah (termasuk masyarakat), serta penyusunan rekomendasi dari hasil pemetaan regulasi dan kelembagaan tersebut agar terwujudnya percepatan peningkatan akses sanitasi dan pengembangan layanan sanitasi yang berkelanjutan. 
Kegiatan pemetaan dan analisis aspek regulasi dan kelembagaan ini dilakukan setelah melakukan pemetaan kondisi sanitasi eksisting (penggunaan instrumen SSK) terlebih dahulu (silakan cek materi Pemetaan Kondisi Sanitasi Eksisting: Instrumen SSK). Hasil analisis regulasi dan kelembagaan ini selanjutnya akan menjadi bahan advokasi bagi OPD dan kepala daerah (silakan cek materi Penyiapan Materi Advokasi dan Penyusunan Paket Kebijakan).


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Pemetaan dan Rekomendasi Regulasi Air Limbah Daerah 20 menit
2. Pemetaan dan Rekomendasi Regulasi Persampahan Daerah 20 menit
3. Pemetaan Kelembagaan Pemerintah Daerah, Non-Pemerintah dan Masyarakat 15 menit
4. Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan Layanan Sanitasi Daerah 15 menit