Modul 1
Analisis Teknis

Modul belajar ini ditujukan untuk mendukung pembangunan sanitasi permukiman tepatnya dalam mempercepat implementasi SSK baik yang masih valid ataupun yang sedang menyusun/memutakhirkan. Modul ini dapat dimanfaatkan untuk membantu pelaksanaan beberapa Milestone yang telah dibahas pada Kursus Pembangunan Sanitasi Permukiman.

Pada Milestone 1 dilakukan analisis gap multi aspek, dimana aspek teknis termasuk juga didalamnya bahkan harus dilakukan sebelum menganalisa aspek-aspek lainnya. Analisis ini perlu dilakukan untuk mengetahui gap antara kondisi eksisting dengan target akses sanitasi, pemetaan area beresiko, serta analisis keberfungsian infrastruktur-infrastruktur yang telah ada (termasuk kebutuhan dan biaya infrastruktur) untuk kemudian diramu dalam bentuk Paket Kebijakan yang akan diaudiensikan kepada Kepala Daerah untuk mendapatkan komitmennya. Untuk mempelajari hal ini, silakan pelajari materi  Pemetaan Kondisi Sanitasi : Instrumen SSK.

Pada Milestone 2,  hasil pemetaan kondisi sanitasi tersebut dilanjutkan dengan penyiapan skenario utilisasi dan peningkatan efisiensi dari infrastruktur tersebut. Dari hasil analisis dan skenario tersebut diturunkan kedalam bentuk program dan kegiatan sehingga dapat diinternalisasi kedalam proses perencanaan penganggaran di daerah dan dieksternalisasi kedalam sumber-sumber pendanaan diluar APBD. Pada Milestone 3 dilakukan uji coba model layanan sanitasi skala terbatas untuk kemudian dilanjutkan dengan skala penuh pada Milestone 4. Pada tahap ini, dilakukan beberapa kegiatan seperti optimalisasi rute dan ritasi pengangkutan sampah, survey tangki septik dan optimalisasi/peningkatan utilisasi infrastruktur yang ada (misal: IPLT, TPA).
Untuk mempelajari ini, silakan cek pelajari materi Survei dan Rekpapitulasi Tangki Septik, Survei dan Analisis Efisiensi Pola dan Rute Pengangkutan Sampah, dan  Cerita Daerah: “Optimalisasi Pengelolaan Air Limbah dan Persampahan”.


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Pemetaan Kondisi Sanitasi : Instrumen SSK 45 menit
2. Survei dan Rekapitulasi Data Tangki Septik 25 menit
3. Survei dan Analisis Efisiensi Pola dan Rute Pengangkutan Sampah 30 menit
4. Cerita Daerah: “Optimalisasi Pengelolaan Air Limbah dan Persampahan” 10 menit