Modul 1
Pemanfaatan NAWASIS Sebagai Alat Monev (Menu Database untuk Program PPSP)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, NAWASIS dapat berperan sebagai alat pemantauan dan evaluasi bagi pembangunan sektor sanitasi khususnya pembangunan sanitasi dan pendampingan implementasi di daerah pada program PPSP. Namun, seringkali pemerintah provinsi dan kabupaten/kota merasa kesulitan atau bingung dalam memanfaatkannya yang salah satu penyebabnya ialah adanya disposisi di pemerintahan daerah sehingga proses transfer knowledge mengenai NAWASIS tidak berjalan optimal. Modul belajar ini hadir untuk menjawab permasalahan tersebut.

Perlu diperhatikan, modul belajar ini:

  1. Ditujukan bagi pemerintah kabupaten/kota (serta provinsi) khususnya operator yang bertugas melakukan input data ke dalam NAWASIS
  2. Sesi ini membahasan mengenai cara pelaporan kemajuan kegiatan pendampingan implementasi SSK oleh pemerintah kabupaten/kota untuk program PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman).
  3. Dapat dipelajari secara acak (tidak berurutan), disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Sebagian besar memiliki konten yang berkaitan dengan penggunaan excel. Oleh karena itu, sangat disarankan anda telah familiar dengan penggunaan excel ketika mengikuti modul ini.


Daftar Materi

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Melaporkan Kemajuan Pendampingan SSK pada NAWASIS 10 menit
2. Melaporkan Hasil Pemantauan PFI 5 menit
3. Melakukan Input Data : Profil Sanitasi 5 menit
4. Melakukan Input Data : EHRA 5 menit