Waspola Facility: Lokakarya Penguatan Kapasitas Forum Gemricik Sebagai Mitra Pokja AMPL Kota Bandung dalam Uji Coba Penerapan Rencana Pengamanan Air di Kawasan Sungai Cikapundung,

Sungai Cikapundung merupakan sungai utama di kota Bandung yang melalui beberapa permukiman padat penduduk sehingga beresiko tinggi terhadap pencemaran. Meskipun demikian sungai Cikapundung menjadi sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Kondisi sungai Cikapundung yang seperti ini dinilai oleh Waspola Facility memenuhi kriteria untuk dijadikan lokasi uji coba penerapan rencana pengamanan air (RPA).  Dalam pelaksanaan uji coba RPA ini merupakan kewenangan Pokja AMPL Kota Bandung, untuk itu Pokja AMPL Kota Bandung bekerja sama dengan masyarakat diantaranya adalah kalangan akademisi yang tergabung dalam Forum Ddosen Perguruan Tinggi Ppeduli Cikapundung yang terhimpun dalam Gerakan Masyarakat Cinta Cikapundung atau dikenal dengan Gemricik.

Agar uji coba penerapan RPA di kawasan sungai Cikapundung ini berjalan lancar maka Forum Gemricik melaksanakan lokakarya pada tanggal 18-19 September 2012 di Hotel Novotel Bandung. Lokakarya ini bertujuan mengembangkan kapasitas Forum Gemricik sehingga secara berkelanjutan mampu memfasilitasi pelaksanaan uji lapangan RPA di kawasan sungai Cikapundung dalam rangka mendukung penentuan model RPA di Indonesia.

Hasil lokakarya ini selain rekomendasi untuk dilaksanakan oleh Forum Gemricik, juga tersususn rekomendasi beberapa kegiatan untuk dapat difasilitasi oleh Waspola Facility serta mendeklarasikan visi, misi dan nilai/prinsip.