Draf Perencanaan kebijakan Nasional Penanggulangan Banjir

Bencana banjir terjadi karena dinamika kondisi alam dan menusia dengan segala aktifitasnya. Kunci keberhasilan dalam mengatasi masalah banjir tentu sangat bergantung pada keharmonisan antara kegiatan manusia dengan alam lingkungan.

Setiap tahun banjir telah mengganggu kehidupan sosial ekonomi dalam lingkup yang besar. Disamping itu, kerugian secara tidak langsung akbibat banjir yang tidak dapat diperkirakan juga sangat bear, seperti kerugian komersil sehubungan dengan terputusnya konunikasi dan transportasi, korban jiwa dan dampak lainnya, berjangkitnya wabah penyakit dan lain sebagainya yang juga serius, namun tidak mudah dikuantifikasi beberapa besar kerugiannya.

Untuk menjaawb masalah itu, dari sisi strategi nasional dilakukan penyusunan draft kebijakan nasional penanggulangan banjir. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap nmasalah yang ada.

Bappenas, sebagai badan perencanaan yang mengkoordinasikan pembangunan dalam skala nasional, memiliki peran aktif dalam pekerjaan ini. Pembentukan kebijakan dilakukan melalui sejumlah pembahasan dalam forum kerja yang terdiri dari beberapa tim yang lingkup tugasnya mencakup aspek - aspek penanganan banjir.

Pekerjaan ini bertujuan untuk menyusun pedoman penanggulangan banjir pada tahap pra, saat dan pasca banjir. Pedoman akan memuat arahan umum pengendalian dampak banjir, perencanaan tindak darurat dalam menghadapi banjir, dan perencanaan tata ruang yang terkait dengan banjir.