Laporan Pertemuan Finalisasi Sub Project Appraisal Report Community Water Services and Health Asian Development Bank, Cipayung, 21 - 24 Juli 2004.

Lebih dari 100 juta penduduk Indonesia tidak mempunyai akses terhadap air minum dan sanitasi yang mencukupi. Jumlah ini akan terus bertambah terutama pada penduduk dan keluarga miskin yang tinggal di daerah perdesaan. Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan ADB untuk meningkatkan derajat kesehatan dan pelayanan air minum yang tertuang dalam proyek CWSH.

Tujuan Pertemuan Finalisasi Sub Project Appraisal Report Community Water Services and Health Asian Development Bank, untuk memperoleh kesepakatan tenang finalisasi SPARs, untuk memperoleh kesempatan tentang proposal ayng akan diusulkan, untuk klarifikasi peran dan tanggung jawab pemerintah kabupaten dan propinsi serta status pinjuaman, untuk memperoleh gamabran tentang kebutuhan dana untuk pembiayaan proyek selama 5 tahun.

Penyelenggaraan pertemuan dilaksanakan di Hotel Cipayung Asri, Bogor dengan metode diskusi secara partisipatif antara pusat dan daerah dengan materi pembahasan tentang status dana pinjaman, manajemen proyek, persiapan pelaksanaan proyek, dan final SPARs lokasi proyek.

Output yang dihasilkan dari kegiatan pertemuan ini adalah pemerintah kabupaten dapat memahami dan siap melaksanakan prinsip-prinsip dan konsep CWSHP, tersedianya dan disepakatinya persyaratan-persyaratan yang dipenuhi untuk ikut dalam CWSHP dan tersusunnya rencana kegiatan proyek khususnya untuk tahun pertama.