Memicu Perubahan : Gerakan Sanitasi Oleh Masyarakat Indonesia (Community Led Total Sanitation)

Memicu Perubahan: Gerakan Sanitasi Masyarakat Indonesia “Kami Telah Bebas Dari Buang air Besar Sembarangan (CLTS)”.
Sanitasi total yang dipimpin oleh masyarakat melibatkan fasilitasi atas suatu proses untuk menyemangati serta memberdayakan masyarakat setempat untuk menghentikan buang air besar ditempat terbuka dan membangun serta menggunakan jamban. Pendekatan CLTS menimbulkan perasaan jijik dan malu antar peserta PRA.
 

Apabila difasilitasi secara benar CLTS dapat memicu tindakan lokal yang dipimpin oleh masyarakat untuk secara tuntas menghentikan buang air besar ditempat terbuka dan tanpa program sanitasi eksternal yang menyediakan subsidi atau petunjuk untuk model jamban. Sekali tersulut CLTS akan memicu tindakan yang spontan dan komunitas akan mulai menggali lobang – lobang untuk pembuatan lobang pembuangan jamban yang dibuat sendiri. Kesadaran ini menggerakkan mereka untuk memprakarsai tindakan lokal secara kolektif guna memperbaiki keadaan sanitasi didalam komunitas.
 

DVD ini menceritakan tentang proses perjalanan proyek sanitasi dengan pendekatan CLTS di Indonesia. Penjelasan tentang CLTS (Community Led Total Sanitation), yang berfokus pada perubahan perilaku masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sendiri dari kotoran manusia, bukan sekedar pembangunan jamban di desa.