Newsletter AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Edisi Agustus 2009 Lokakarya Membangun Kapasitas Para Pihak untuk Penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS)"

Pada newsletter cetak bulan Agustus 2009 ini berisi liputan utama kegiatan lokakarya "Membangun Kapasitas Para Pihak untuk Penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS)", yang berlangsung pada 21 Juli 2009 di Hotel Novotel Bogor.

Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai kesatuan ekosistem yang utuh dari hulu sampai dengan hilir terdiri dari unsur-unsur utama manusia, flora, fauna, tanah, air dan udara, memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Namun demikian kondisi DAS di Indonesia dewasa ini, semakin memprihatinkan yang ditandai dengan kejadian banjir, tanah longsor, erosi, sedimentasi, pencemaran air dan kekeringan yang mengakibatkan penurunan fungsi sumber-sumber air, terganggunya perekonomian dan tata kehidupan masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut, Departemen Kehutanan dengan didukung oleh USAID Environmental Services Program (ESP) mengadakan Lokakarya “Membangun Kapasitas Para Pihak untuk Penyelamatan daerah Aliran Sungai (DAS)”. Lokakarya ini dibuka oleh Menteri Kehutanan MS Kaban dengan pembicara antara lain Pakar Lingkungan Hidup, Emil Salim, Direktur Kehutanan dan Sumber Daya Air Bappenas, Basah Hernowo, Director of Terrestrial Environment Research Center University of Tsukuba-Jepang, Tadashi Tanaka serta Pakar Sumber Air dan Hidrologi dari Institut Pertanian Bogor, Hidayat Parwitan.

Selain itu juga dalam newsletter kali ini di beritakan kegiatan-kegiatan terkait AMPL di bulan Juli dan Agustus 2009.