Newsletter AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Edisi Maret 2010 Lokakarya Sinergi Program AMPL Nasional di Daerah"

Pada newsletter cetak bulan Maret 2010 ini berisi liputan utama kegiatan Lokakarya Sinergi Program AMPL Nasional di Daerah, yang diselenggarakan di Bandung, tepatnya di Hotel Sheraton, pada tanggal 23-25 Februari 2010.

 
Kegiatan pembangunan AMPL di Indonesia telah berkembang dengan pesat, ditandai dengan banyaknya pelaku pembangunan AMPL yang tersebar di institusi pemerintah, LSM dan institusi lainnya, seperti universitas maupun pihak swasta lewat kegiatan CSR-nya. Di tingkat pusat (nasional), pembangunan AMPL dilakukan oleh berbagai lembaga pemerintahan dengan tupoksinya masing-masing, maupun program/proyek AMPL yang didukung oleh LSM/NGO. Beragam pelaku di tingkat pusat dengan karakter pendekatannya memerlukan penyinergian agar interpretasi dan implementasi pelaksanaan pembangunan AMPL di daerah berjalan selaras dengan kebijakan nasional pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat, dan tujuan nasional pembangunan AMPL yang tercantum di dalam RPJMN 2010-2014.
 
Menyadari pentingnya sinergi dalam pembangunan AMPL, Direktorat Permukiman dan Perumahan Bappenas dengan difasilitasi oleh WASPOLA Facility mengadakan lokakarya ini, yang dapat dikatakan cukup berhasil mengumpulkan para pelaku pembangunan AMPL-BM di tingkat pusat untuk berupaya bersama-sama menuju satu kesepakatan dan saling menyinergikan kegiatannya. Para perwakilan lembaga pemerintahan di tingkat pusat (Bappenas, Kem.PU, Kemdagri, Kem.Kesehatan, Kemen.LH, dan Kemdiknas) serta perwakilan berbagai program/proyek AMPL (PPSP, STBM, CWSH, WSP-EAP, TSSM, WES-UNICEF, PAMSIMAS, ESP, dan lainlain) aktif terlibat dan berkontribusi dalam proses lokakarya.
 
Selain itu juga dalam newsletter kali ini di beritakan kegiatan-kegiatan terkait AMPL di bulan Februari dan Maret 2010.