Newsletter AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Edisi September 2009 Lokakarya Penjaringan Minat Kota Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan"

Pada newsletter cetak bulan September 2009 ini berisi liputan utama kegiatan Lokakarya Penjaringan Minat Kota Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan, yang berlangsung pada 1-3 September 2009 di Hotel Crowne Plaza Jakarta.

Belum optimalnya layanan dan buruknya kondisi sanitasi di daerah melingkupi sampah rumah tangga, air limbah domestik, serta drainase lingkungan, telah menurunkan kualitas lingkungan hidup, tercemarnya sumber air bersih yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga jumlah penderita penyakit terutama pada balita semakin meningkat. Besarnya cakupan layanan belum mencerminkan kualitas yang memadai.

Untuk itu pemerintah mencanangkan target pembangunan sanitasi, bahwa di tahun 2014: Indonesia Stop Buang Air Besar Sembarangan, baik itu di perkotaan maupun di perdesaan, penerapan praktek Reduce, Reuse, dan Recycle (3R) dan peningkatan sistem pengelolaan TPA menjadi Sanitary Landfill, serta pengurangan genangan di sejumlah kawasan perkotaan, yang mencakup 22.500 hektar.

Selain itu juga dalam newsletter kali ini di beritakan kegiatan-kegiatan terkait AMPL di bulan Agustus dan September 2009.