Resensi : AIR HUJAN DAN KITA : Panduan Praktis Pemanfaatan Air Hujan Kelompok Raindrops

Kekurangan air di musim panas, banjir di musim hujan, dan minimnya air bersih  inilah sejumlah permasalahan yang kerap dihadapi  saat ini baik oleh kota-kota besar maupun daerah perdesaan.

Air hujan atau “air langit” adalah sumber air yang belum dimanfaatkan secara penuh oleh banyak penduduk di perkotaan maupun pedesaan. Hal ini tentunya sangat disayangkan, sebab air hujan bisa diperoleh siapa pun dan gratis. Air hujan dapat dimanfaatkan secara efektif saat darurat, untuk air minum atau non minum seperti memadamkan api, menyiram toilet, mencuci, membersihkan barang, atau menyirami tanaman.

Bagi Anda yang tinggal di kompleks perumahan atau rumah yang berdiri sendiri maupun pemilik gedung bertingkat air hujan dapat dikumpulkan dan disaring dengan alat sederhana lalu disimpan di tangki penyimpan atau di dalam sumur resapan. Pasalnya, banyak manfaat yang didapat dari pemanfaatan air hujan tersebut diantaranya peresapan air hujan ke bawah tanah dapat melindungi kota dari gangguan polusi panas dan kekurangan air serta memperbaiki lingkungan kota.

Peresapan air hujan juga dapat membantu mengisi air tanah, sehingga kita dapat minum air tanah dengan kualitas yang lebih baik. Pemanfaatan air hujan akhirnya mengarah pada penyelesaian menyeluruh masalah sumber daya air dan masalah lingkungan di wilayah kota.

Buku ini akan mengulas lebih rinci berbagai hal tentang air hujan dari mulai tata cara menampung dan menyimpai air hujan, hingga berbagai manfaat dari air hujan itu sendiri. Selain  itu, buku ini juga menjelaskan tentang berbagai peran yang dapat dilakukan oleh Kita, sehingga air hujan dapat lebih bermanfaat. Riawati Putu

Editor: Cheerli