Summary Laporan Pelaksanaan Replikasi Sanimas 2004

SANIMAS adalah singkatan dari sanitasi oleh masyarakat, sanitation by community. Program ini pada awalnya merupakan kegiatan pilot proyek tahun 2001-2003 yang dibiayai oleh AusAID melalui WSP-EAP dengan support dari pemerintah Indonesia. BORDA sebagai pelaksana kegiatan pilot proyek tersebut. Program ini diimplementasikan di 7 kota/kabupaten di 2 provinsi padat penduduk di Indonesia yaitu Jawa Timur dan Bali. Pilot proyek ini selesai pada tahun 2003. Kemudian pada tahun 2004, program ini direplikasikan lagi di kota/kabupaten yang sama.

SANIMAS 2004 terlaksana atas inisiatif dari Direktorat Perumahan dan Permukiman BAPPENAS dan BORDA, bekerjasama dengan pemerintah kota/kabupaten di provinsi Jawa Timur dan Bali. Sedangkan pelaksanaannya dikoordinasikan melalui Direktorat Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan Wilayah Tengah, Departemen KIMPRASWIL dan di lapangan difasilitasi oleh BORDA & Partner Network yakni BEST, LPTP dan Bali Fokus.

Tujuan SANIMAS adalah Memperbaiki sarana sanitasi masyarakat yang tinggal di perkampungan kumuh/miskin/padat penduduk di perkotaan dengan pendekatan sanitasi berbasis masyarakat, Menjadikan sarana sanitasi berbasis masyarakat sebagai alternatif pilihan teknologi sanitasi oleh Pemerintah kota/kabupaten.

CD ini berisi laporan pelaksanaan replikasi Sanimas 2004 dalam format CD.