Horizontal Learning Provinsi Sumatera Selatan


Horizontal learning
atau pembelajaran horizontal merupakan salah satu kanal peningkatan kapasitas yang dinilai dapat berdampak cepat dan efektif. Pembelajaran horizontal ini dinilai efektif karena stakeholder dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan semua pihak yang terlibat, serta melihat secara langsung kondisi di lapangan.


Mengapa Horizontal Learning ke Provinsi Sumatera Selatan?


Terdapat beberapa hal yang dapat dipelajari dari Provinsi Sumatera Selatan dalam penyelenggaraan tata kelola perumahan dan permukiman dan juga inovasi program, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Praktik Kolaboratif dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan (Pusat-Provinsi-Kab/Kota-Masyarakat-Swasta)
  2. Praktik Tata penyelenggaraan perumahan permukiman yang lengkap mulai dari tahap perencanaan/pendataan yang terintegrasi, hingga tahapan pelaksanaan dan pengendalian pengawasan.
  3. Inovasi Program, diantaranya adalah (1) Penerapan Hunian berimbang dalam satu hamparan perumahan skala besar; (2) Penerapan teknologi dan bahan bangunan yang ramah lingkungan, efektif dan efisien di Green Construction Housing; serta (3) Kolaborasi penyelenggaraan perumahan permukiman berbasis komunitas di beberapa kabupaten/kota.

Melalui kegiatan horizontal learning dan rapat koordinasi pengembangan program perumahan dan kawasan permukiman 2022, diharapkan dapat menambah referensi pembelajaran terkait penyelenggaraan perumahan permukiman bagi peserta kegiatan, yang nantinya dapat direplikasikan di masing-masing provinsi.


Daftar Modul

NoDeskripsiEstimasi WaktuStatus
1. Inovasi Program Provinsi Sumatera Selatan 0 menit 0%
2. Pre Test Horizontal Learning Sumatera Selatan 0 menit 0%