Kampanye Publik Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Tingkatkan Kepedulian Masyarakat


Direktorat Perumahan dan Permukiman, Bappenas melalui Sekretariat Pokja PPAS Nasional, tahun ini kembali mengadakan acara advokasi dua tahunan terbesar di sektor air minum dan sanitasi yaitu Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2021 yang akan mengangkat tema tentang “Aksi Nyata Membangun Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Semua”.

Melalui tema ini, KSAN 2021 akan mengangkat  dan mempublikasikan berbagai upaya dan inovasi yang telah dilakukan banyak pihak dalam mendukung percepatan pembangunan di sektor sanitasi dan air minum aman dan berkelanjutan di Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya akses air minum dan sanitasi aman, maka pada KSAN 2021 ini Pokja PPAS menjalin kerjasama dengan Cleanomic melakukan rangkain kegiatan Kampanye Publik dengan tema “Suara Publik Untuk Air Minum dan Sanitasi Aman”.

Selain untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan akses air minum dan sanitasi aman bagi semua, tujuan kegiatan kampanye publik ini ialah untuk mendorong aksi nyata dari masyarakat dalam mendukung pencapaian target-target RPJMN 2020-2024 dan SDGs 2030 di sektor air minum dan sanitasi.

Guna menjangkau masyarakat luas kegiatan kampanye publik KSAN 2021 ini dilakukan melalui berbagai platform media online yang sedang booming seperti instagram dengan mengadakan rangkaian diskusi IG Live dan juga serial podcast. Selain itu, kegiatan kampanye publik juga dimeriahkan dengan publikasi konten tematik dan video promosi tentang isu air minum dan sanitasi aman yang akan disampaikan oleh sejumlah influencer.

Adapun agenda rangkaian tema dan agenda rangkaian kegiatan kampanye publik adalah sebagai berikut:

Tanggal Kegiatan Bentuk Kegiatan Topik
1 Juli 2021 IG Live 1 Kenali Air Minum dan Sanitasi Aman
18 Juli 2021 Podcast 1 Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Semua
25 Juli 2021 IG Live 2 Sudah Amankah Air Minum Kita
8 Agustus 2021 Podcast 2 Pengelolaan Air Dalam Rumah Ramah Lingkungan
22 Agustus 2021 IG Live 3 Peduli Lingkungan dari Toiletmu
5 September 2021 Podcats 3 Bagaimana Menjamin Air Minum Aman dari Hulu ke Hilir
19 September 2021 IG Live 4 Konsumerisme dan Kualitas Air Minum Kita
17 Oktober 2021 IG Live 5 Air Minum dan Sanitasi Aman untuk Hidup Sehat
Juli - Oktober 2021 Rangkaian Konten Tematik Fakta, Edukasi, dan Testimoni Air Minum dan Sanitasi Aman
Video Promosi


Sekadar informasi, rangkaian kegiatan kampanye publik ini juga didukung oleh sejumlah media partner yaitu paprikaliving, sayapilihbumi, sustainableindonesia, ecoevents, iuwash plus, dan greeneration.

Dengan beragam jenis kegiatan dan juga topik menarik yang akan diulas pada rangkaian kampanye publik ini, jadi pastikan jangan sampai  ketinggalan untuk mengikuti semua rangkainya. Untuk informasi lebih lanjut dan update informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang diadakan silahkan ikuti dan pantau terus instagram @rumahairminumsanitasi dan juga @cleanomic.