KSAN 2021, Aksi Nyata Membangun Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Untuk Semua

Dalam rangka upaya percepatan penyediaan akses air minum dan sanitasi aman untuk seluruh masyarakat Indonesia, Kelompok Kerja Pembangunan, Perumahan, Permukiman, Air dan Sanitasi (Pokja PPAS) nasional, di bawah koordinasi Direktorat Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas, kembali mengadakan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) yang kedelapan. Sebagai salah kegiatan pembuka sekaligus publikasi kepada mitra dan Kementerian/Lembaga terkait, maka diadakan acara Kick Off Meeting dan Media Gathering KSAN pada hari Jumat  (6/08/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Kementerian PPN/Bappenas, J. Rizal Primana. Dalam paparannya, Rizal menyampaikan bahwa capaian akses air minum dan sanitasi aman masih jauh dari target yang dimandatkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030. Terkait hal ini, maka diperlukan kolaborasi yang lebih luas dari seluruh mitra pembangunan.

“Kegiatan KSAN ini dapat diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan, mitra, pegiat air minum dan sanitasi termasuk masyarakat untuk terus berkolaborasi membangun akses air minum dan sanitasi aman” jelas Rizal.

Sepaham dengan yang disampaikan oleh Rizal, Walikota Jambi selaku Ketua Umum Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Syarif Fasha menyampaikan, dirinya mewakili 492 Kabupaaten/Kota yang tergabung di dalam AKKOPSI sepakat bahwa air dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang perlu dipenuhi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terlebih lagi pada situasi pandemi saat ini. Menurutnya, Kementerian dan Lembaga terkait perlu memperkuat pemerintah daerah untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangan Menengah Nasional (RPJMN) 2020- 2024 dan TPB 2024.

“Momentum KSAN ini dapat menjadi wadah sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk percepatan perluasan akses air minum dan sanitasi aman serta pencapaian target- target nasional” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Direktur Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti terkait seluruh rangkaian kegiatan KSAN mulai dari kampanye publik, road to, sampai ke acara puncak pada bulan November mendatang.

Virgi menjelaskan, KSAN tahun ini akan masuk sebagai salah satu rangkaian kegiatan Sector Ministers’ Meeting,  sebuah perhelatan tingkat dunia yang diusung oleh organisasi Sanitation Water for All (SWA), di mana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah di tahun 2022. Terkait hal in, menurut Virgi persiapan pelaksanaan KSAN harus lebih matang dari tahun- tahun sebelumnya.

Di akhir paparannya, Virgi membuka ruang kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan agar dapat bersama - sama menyukseskan kegiatan KSAN sebagai salah satu wadah advokasi dan kolaborasi tertinggi di sektor air minum dan sanitasi.

Hal ini mendapat tanggapan yang baik dari seluruh peserta Kementerian/ Lembaga dan mitra yang hadir. Sebagai  tindak lanjut, akan diadakan diskusi mitra secara terpisah untuk memetakan potensi kegiatan yang dapat dikolaborasikan dalam KSAN.