Picu Pembangunan Air Minum dan Sanitasi, OKU Adakan AMPL Award Tingkat Kabupaten



Untuk meningkatkan komitmen dan peran semua pihak terutama dalam pembangunan di sektor air minum dan sanitasi, kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, dalam waktu dekat ini baru saja mengadakan acara pemberian penghargaan AMPL Award tingkat kabupaten. Kegiatan itu dilaksanakan bersamaan dengan acara Musrenbang Kabupaten pada hari Rabu, 18 Maret 2020. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati ini diberikan pada sembilan (9) kelompok masyarakat yang peduli dan memiliki komitmen tinggi untuk mendukung peningkatan capaian akses air minum dan sanitasi di Kabupaten OKU.

 

Kesembilan kelompok komunitas ini dibagi dalam tiga kategori yaitu air minum, sanitasi/air limbah, dan persampahan. Pada kategori air minum tiga komunitas yang berhasil menjadi pemenang adalah Komunitas Air Gemuhak dengan inovasi pembuatan air minum isi ulang, Komunitas Sumber Jaya inovasi aplikasi pembayaran air minum, dan Komunitas Mitra Gemilang atas inovasi dalam pencatatan data pelanggaran dengan Microsoft excel.

 

Di sektor sanitasi/air limbah, tiga pemenangnya yaitu Komunitas Berkarya, Komunitas Mukti Jaya, dan Komunitas Arjuna dengan inovasi yang sama yaitu pemanfaatan SPALD terbangun. Pada sektor persampahan, ada Bank Sampah Kenanga dan Bank Sampah Barokah Uwuh yang menang atas inovasi mereka dalam daur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis, kemudian ada Bank Sampah Sinar Makmur atas inovasinya berupa pinjaman uang yang dibayar dengan sampah.

 

Setidaknya ada enam kriteria utama penilaian dari tim juri yaitu inovasi yang dilakukan, insiatif pendanaan, kelembagaan, cakupan dampak dan manfaat, pengelolaan keuangan, serta keberlanjutannya. Tidak hanya melibatkan unsur pemerintah dari dinas terkait, penjurian AMPL Award ini juga melibatkan akademisi dan Pokja Provinsi. Uniknya lagi kegiatan ini juga berhasil melibatkan dan mendapat dukungan dari sektor swasta yaitu PT.Sumbagselenergi Pawali Sakti yang berkomitmen memberikan dana pembinaan pada setiap komunitas yang menjadi pemenang.

 

Selain bertujuan meningkatkan kepedulian banyak pihak, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengangkat berbagai inovasi terbaik dalam pembangunan sektor air minum dan sanitasi yang ada di Kabupaten OKU. Melihat tingginya antusias banyak pihak terhadap kegiatan ini, kedepannya Pemerintah Kabupaten OKU berencana akan rutin mengadakan AMPL Award setiap tahun sekali dengan harapan dapat memotivasi semakin banyak pihak, terutama masyarakat agar semakin peduli isu air minum dan sanitasi.

 

Pada kesempatan yang sama Bupati OKU, Kuryana Azis juga melakukan launching paket kebijakan yang diberi slogan “OKU Bersih Melalui Gas Metan (Gerakan Akses Sanitasi Menyeluruh dan Berkelanjutan)” yang memiliki delapan (8) point komitmen yang seluruhnya mendukung peningkatan akses air minum dan sanitasi di kabupaten OKU.

 

Penulis  : Syaifudin Ardian

Editor   : M. Erry Hadikusuma dan Cheerli