Siap Laksanakan Program USAID IUWASH Tangguh, Sumatera Utara Laksanakan Penandatanganan RKT

Setelah sukses melaksanakan Sosialisasi Regional program USAID IUWASH Tangguh di Provinsi Sumatera Utara pada 7 September bulan lalu, Pemerintah daerah dan pemerintah pusat didampingi oleh tim USAID IUWASH Tangguh kembali duduk bersama melaksanakan Workshop Program USAID IUWASH Tangguh pada hari Rabu (5/10) dan penandatanganan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) pada hari Kamis (6/10).
 
Kegiatan penandatanganan RKT dibuka dengan video singkat mengenai perjalanan program USAID IUWASH Tangguh di Sumatera Utara sampai kepada penyusunan RKT, Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Direktur Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kementerian PPN/Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti. Dalam paparannya, Virgi mengapresiasi komitmen dan kolaborasi pemerintah daerah dalam menyusun RKT Program USAID IUWASH Tangguh.
 
“Penandatanganan RKT ini merupakan momen yang tepat untuk memperkuat komitmen kita dalam mencapai akses air minum dan sanitasi aman di Provinsi Sumatera Utara. Tentunya program ini dapat berjalan kedepannya dengan kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan,” jelas Virgi.
 
Sebagai salah satu bentuk komitmen, Virgi berharap RKT yang sudah disusun dapat diinternalisasi dan sinkron dengan dokumen perencanaan yang ada di daerah. Selain itu, Virgi juga kembali menegaskan, walaupun program USAID IUWASH Tangguh tidak menyasar pada bangunan fisik, namun aspek pembangunan lainnya juga tidak kalah penting seperti pada proses perencanaan, penentuan kelembagaaan, penyusunan kebijakan, pendanaan, serta perubahan perilaku masyarakat.
 
Sesi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Urban Environment Officer, USAID IUWASH Indonesia, Ryan Weddle yang juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam penyusunan RKT. Ryan menyampaikan bahwa pendampingan penyusunan RKT ini juga merupakan salah bentuk komitmen USAID IUWASH pada dengan pemerintah Indonesia dalam peningkatan akses layanan air minum dan sanitasi.
 
“RKT Pada Program IUWASH Tangguh ini memiliki target yang lebih luas dari program USAID IUWASH sebelumnya, yaitu pengelolaan sumber air dan sanitasi yang berketahanan iklim. RKT ini juga sudah memenuhi Permendagri No. 25 tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Daerah di Luar Negeri dan Kerja Sama Daerah dengan Lembaga di Luar Negeri. Harapannya, kerjasama USAID IUWASH Tangguh dengan pemerintah provinsi akan memberikan manfaat lebih besar pada semua pemangku kepentingan,” jelasnya.
 
Paparan selanjutnya disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho yang menyampaikan penghargaannya atas kerja sama yang telah dilakukan melalui program USAID IUWASH Tangguh, “Kegiatan kita hari ini sebagai wujud komitmen dan tekad kita untuk peningkatan layanan air minum dan sanitasi di Indonesia, dengan target 100% air minum layak, termasuk 15% akses aman, serta 90% sanitasi layak, termasuk 15% akses aman,” jelasnya.
 
Arief juga mendukung penuh program ini karena memiliki target yang langsung menjawab kebutuhan masyarakat, yaitu peningkatan akses air minum aman pada 1,5 juta masyarakat, dan akses sanitasi aman  pada 1 juta orang. Akan tetapi, untuk merealisasikan program ini, RKT yang telah disusun harus selaras dengan program kegiatan yang telah dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi dan RPJMD kabupaten/kota, agar hasil yang didapatkan lebih optimal.
 
“Setelah ditanda tanganinya RKT ini, berarti kita harus melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh- sungguh sampai berakhirnya program di tahun 2027. Sinergisitas antara kita semua tentunya sangat diperlukan,” tegas Arief lebih lanjut.
 
Kegiatan kemudian ditutup dengan proses penandatanganan RKT yang dilaksanakan oleh perwakilan pemerintah provinsi, yaitu Sekda Provinsi Sumatera Utara serta pemerintah kabupaten/kota dampingan Program USAID IUWASH Tangguh, yang terdiri dari Sekda Kota Binjai, Sekda Kabupaten Simalungun, Kepala Bappeda Kota Medan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, Direktur Utama PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang, perwakilan Tim USAID serta perwakilan Tim USAID IUWASH Tangguh. Penandatanganan RKT ini juga disaksikan oleh perwakilan Tim Teknis Kementerian/Lembaga Program USAID IUWASH Tangguh, baik secara daring maupun luring.