• Pemerintah Kalsel Siap Berbenah untuk Berikan Layanan Air Minum dan Sanitasi yang Lebih Baik Bagi

    21 November 2022
    Dikutip dari data Susenas KOR tahun 2021 yang diolah Bappenas, Kalimantan Selatan saat ini baru mencapai 2,84% akses sanitasi aman, dengan 1,18% masyarakat yang masih melakukan praktik Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tempat terbuka. Hal ini tentunya menjadi sumber pencemaran di aliran sungai yang secara tak langsung berimplikasi pada tingginya angka stunting di Kalimantan Selatan
  • Dorong Keterlibatan Masyarakat Tuntaskan Sampah Sampai ke Hulu, Kementerian Kesehatan bersama USAID

    21 November 2022
    Dalam rangka mengejar target 80% penanganan sampah dan 20% pengurangan sampah yang diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah Indonesia terus berupaya melakukan berbagai inovasi kolaborasi dan strategi pemberdayaan masyarakat. Salah satu strategi pemberdayaan masyarakat yang efektif adalah melalui pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat,
  • Pemerintah Kab. Banyuwangi Gertak Kolaborasi untuk Tingkatkan Aksi Pengelolaan Sampah!

    21 November 2022
    Dalam rangka melakukan pembelajaran pengelolaan sistem persampahan di tingkat daerah, pemerintah pusat yang diwakili oleh Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kesehatan dan mitra pembangunan USAID, UNICEF dan ISWM melakukan kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi pada hari Rabu (19/10). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung upaya pengelolaan sampah yang telah dilakukan di Kabupaten Banyuwangi.
  • Mengejar Target Akses Air Minum dan Sanitasi, Kabupaten dan Kota Jayapura Laksanakan

    14 November 2022
    Melanjutkan kegiatan Sosialisasi Regional Program USAID IUWASH Tangguh di Provinsi Papua pada bulan September lalu. Pada hari Senin (07/11), Kota dan Kabupaten Jayapura yang terpilih sebagai lokus program melangsungkan kegiatan penandatangan Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai bentuk komitmen dan kesiapan untuk menjalankan program dalam setahun kedepan.
  • Kota Tasik Siap Manfaatkan Media Sosial Untuk Promosikan Sanitasi Aman

    12 November 2022
    Laporan We Are Social, 2022, menunjukkan bahwa pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai angka 191 juta orang yang jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 12,35% dari tahun sebelumnya. Selain itu, laporan tersebut juga memperlihatkan bahwa Whatsapp menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan yang kemudian di posisi selanjutnya ada Instagram dan Facebook.
  • Berdiri Sama Tinggi, Duduk Sama Rendah: Bersama Masyarakat Merencanakan Kumuh Tuntas

    10 November 2022
    “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan antara masyarakat dan pemerintah. Apa yang diinginkan oleh masyarakat, mungkin berbeda dengan kebijakan yang saat ini disusun oleh pemerintah. Menggali permasalahan secara menyeluruh dari masyarakat sangat penting dalam menyusun perencanaan ke depan”, ungkap Eryan Ari Wibowo, salah satu peserta dari Bappeda Kabupaten Blora.